Thursday, September 26, 2019

Pembiasaan Jum'at Pagi digunakan untuk Salat Istisqa

SMP Negeri 3 Purbalingga - Ada yang tidak biasa di hari Jum'at 27 September 2019 di SMP Negeri 3 Purbalingga, pembiasaan Jum'at pagi sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar, baik siswa, guru maupun karyawan melaksanakan kebersihan lingkungan atau jalan sehat, namun tidak untuk hari Jum'at kali ini, pada hari ini Siswa, Guru maupun Karyawan SMP Negeri 3 Purbalingga melaksanakan Salat Istisqa di lapangan bakset SMP Negeri 3 Purbalingga secara berjamaah.

Salat Istisqa adalah salat Sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Salat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat tertentu. 

Hadist yang berkaitan dengan Salat Istisqa:
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallaahu anhu ia berkata, "Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam ke luar dengan berpakaian sederhana, penuh tawaduk dan kerendahan. Sehingga tatkala sampai di musala, dia naik ke atas mimbar, tetapi tidak berkhutbah sebagaimana khutbah kalian ini. Ia terus menerus berdoa, merendah kepada Allah, bertakbir kemudian salat dua rakaat seperti salat ketika Ied". (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi dan di hasankan oleh al-Albani)

Kegiatan Salat Istisqa juga dilaksanakan di Alun-alun kota Purbalingga bersama dengan Bupati Purbalingga, namun karena ada halangan tertentu, siswa, guru dan karyawan yang tidak bisa hadir untuk mengikuti Salat Istisqa yang dilaksanakan di Alun-alun kota Purbalingga diarahkan untuk mengerjakan Salat Istisqa di lapangan basket SMP Negeri 3 Purbalingga.

Kegiatan Salat Istisqa di SMP Negeri 3 Purbalingga sendiri dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Imam dan Khatib Salat adalah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bpk. Abdul Aziz, S.Pd.I.

Berikut adalah dokumentasi Salat Istisqa yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Purbalingga:













0 Komentar
Komentar
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Contact : admin@smpn3purbalingga.sch.id / dii@email.com