Wednesday, March 23, 2022

Informasi Olimpiade, Festival dan Lomba Bidang Dikdas 2022

Surat Nomor 0441/J3/DM.00.03/2022, Perihal Informasi Olimpiade, Festival dan Lomba Bidang Dikdas 2022 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tanggal 17 Maret 2022 ini ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kab/Kota di Indonesia terkait akan akan dilaksanakannya menyelenggarakan kegiatan Olimpiade, Festival dan Lomba Tahun 2022 bidang sains, seni, olahraga, dan penelitian secara berjenjang dan tidak berjenjang.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan Olimpiade, Festival dan Lomba Tahun 2022 bidang sains, seni, olahraga, dan penelitian secara berjenjang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan Lomba dalam masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring.
  2. Olimpiade, Festival dan Lomba berjenjang meliputi:
    1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)
      1. SD : IPA dan Matematika
      2. SMP : IPA, IPS, dan Matematika
    2. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
      1. SD : Lomba Gambar Bercerita, Lomba Kriya Anyam, Lomba Menyanyi Tunggal, Lomba Pantomim, dan Lomba Seni Tari
      2. SMP : Festival Musik Tradisional, Festival Kreativitas Tari, Lomba Vokal Solo, Lomba Gitar Duet, dan Lomba Desain Poster
    3. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)
      1. SD : Pencak Silat dan Karate
      2. SMP : Pencak Silat dan KarateGala Siswa Indonesia (GSI), dilaksanakan berjenjang mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota,
  3. Gala Siswa Indonesia (GSI), dilaksanakan berjenjang mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Keikutsertaan peserta harus melalui pendaftaran daring sejak tingkat kecamatan.
  4. Olimpiade, Festival dan Lomba tidak berjenjang (dikirim langsung dan atau melalui pendaftaran daring melalui laman resmi panitia pusat) meliputi:
    1. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)
      1. SMP : Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Budaya, Bidang IImu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa
  5. Kami mengharapkan Pemerintah Daerah mendukung dan memfasilitasi kegiatan Festival dan lombalomba yang akan diselenggarakan oleh Puspresnas melalui APBD dalam rangka pembinaan.
    1. tahap babak penyisihan (diikuti oleh sekolah-sekolah diseluruh Indonesia dengan kriteria yang telah ditetapkan di dalam Petunjuk Pelaksanaan Festival dan Lomba)
    2. tahap nasional (hasil seleksi terbaik babak penyisihan menjadi peserta perwakilan provinsi)
  6. Pelaksanaan seleksi akan dilakukan oleh Puspresnas melalui 2 tahap yaitu:
  7. Petunjuk pelaksanaan Olimpiade, Festival dan Lomba bidang Dikdas Tahun 2022 nantinya dapat diakses melalui laman resmi pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Pada surat tersebut juga tertera jadwal lomba yang nantinya akan dilaksanakan, untuk babak penyisihan akan dilaksanakan antara bulan Juni 2022 sampai dengan bulan Agustus 2022, sedangkan untuk babak final tingkat Nasional akan dilaksanakan antara bulan Juli 2022 sampai dengan bulan November 2022. 

Demikian infromasi Olimpiade, Festival dan Lomba Bidang Dikdas 2022 berdasarkan surat dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 0441/J3/DM.00.03/2022, untuk lebih jelasnya silahkan dapat anda download surat tersebut diatas pada jendela dibawah ini :


Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

0 Komentar
Komentar
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Contact : admin@smpn3purbalingga.sch.id / dii@email.com