Saturday, April 1, 2023

Siswa dan Alumni SMP Negeri 3 Purbalingga Bagikan 500 Paket Takjil

Pembagian Takjil
SMP Negeri 3 Purbalingga -- Meskipun  diwarnai hujan turun rintik-rintik, namun para siswa SMP Negeri 3 Purbalingga untuk berbagi takjil pada Sabtu (1/4/2023) tetap semangat.  Kegiatan yang juga  melibatkan sejumlah alumni yang tergabung dalam Paguyuban Alumni SMP Negeri 3 Purbalingga (PASTIBANGGA) ini, berjalan lancar, membagikan 500 paket takjil kepada warga masyarakat sekitar maupun pengguna jalan sepanjang Jalan Kopral Tanwir di depan SMPN 3 Purbalingga.

"Matur nuwun. Lumayan bisa untuk teman berbuka puasa," ujar Darmono (54), seorang pengemudi becak yang menerima pembagian takjil saat melintas di depan SMPN 3 Purbalingga sore itu.

Selain pengemudi becak, penerima takjil diantaranya pejalan kaki, pengendara sepeda dan sepeda motor, termasuk ojek online serta pengemudi mobil.

Pembagian takjil berlangsung sejak jam 16.00 - 17.15 WIB, melibatkan 256 siswa Kelas VII, termasuk sejumlah siswa non muslim. Dalam kurun waktu itu, sebanyak 500 paket takjil sumbangan dari PASTIBANGGA habis dibagikan. 

Seusai pembagian takjil, salat magrib berjamaah, buka puasa bersama dan salat tarawih di Masjid As-Salam SMPN 3 Purbalingga.  

Sekretaris PASTIBANGGA, Suryanto SKM , M.Sc mengemukakan, kegiatan bagi takjil seperti ini rutin dilakukan PASTIBANGGA setiap tahun di bulan ramadan. "Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman alumni yang telah peduli dalam kegiatan ini," ujar Suryanto.

Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno S.Pd mengucapkan terima kasih kepada PASTIBANGGA, yang dalam berbagai kegiatan selalu mendukung, baik tenaga, pikiran maupun pendanaan. 

"Kami mengucapkan  terima kasih kepada semua alumni yang selalu ikut berpartisipasi dalam berbagaia kegiatan, termasuk bagi-bagi takjil sore ini," ujar Soebarno.

Soebarno menambahkan, selama bulan Ramadan ini, selain Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berjalan seperti biasanya,  kegiatan kerohanian juga digelar. Diantaranya,   

pelatihan tilawah oleh Arin Hidayat S.HI, pembagian paket takjil dari Alumni PASTiBANGGA, Tadarus Qur'an, buka bersama seluruh siswa bersama jajaran dewan guru dan karyawan, shalat tarawih bersama Imam Ustadz Abdul Aziz dan Tauziah Ramadan oleh KH.Nurholis Masrur yang juga Ketua II  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Purbalingga masa khidmah 2023-2028 ini.

Tolak Perang Sarung

Soebarno juga mengimbau kepada para siswa SMPN 3 Purbalingga untuk menjaga perilaku baik, dengan tidak ikut-ikutan dalam kegiatan negatif, seperti perang sarung yang marak belakangan ini.

Seperti ramai diberitakan, jajaran Polsek Purbalingga, Jumat malam (31/3/2023) mengamankan 11 pelajar SMP dan SMA, semuanya warga Kelurahan Purbalingga Kidul  yang hendak melakukan perang sarung. Polisi mengamankan barang bukti dua sarung yang sudah diikat pada bagian ujungnya.

Atas tindakan para pelajar yang meresahkan itu, orang tua masing-masing diminta hadir di Mapolsek Purbalingga. Dan setelah dilakukan pembinaan serta  membuat surat pernyataan, akhirnya mereka diserahkan ke orang tuanya masing-masing. 

"Kepada orang tua, kami minta untuk mengawasi putra -putrinya. Tidak hanya selama di bulan Ramadan saja, namun setiap saat, agar mereka tidak terjerumus ke dalam tindakan yang merugikan diri sendiri, keluarga, sekolah maupun masyarakat,"himbau Subarno. (Prasetiyo/Humas SMPN 3 Purbalingga)

0 Komentar
Komentar
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Contact : admin@smpn3purbalingga.sch.id / dii@email.com