Monday, June 20, 2022

Cara / Langkah / Alur Pendaftaran PPDB ONLINE Melalui Aplikasi PPDB SMP Kab. Purbalingga

Semangat pagi Bpk/Ibu/Calon Peserta didik yang ingin mendaftar di SMP Negeri 3 Purbalingga, masih bingung bagaimana cara mendaftar PPDB Online di SMP Negeri 3 Purbalingga? jika masih bingung silahkan cermati langkah-langkah bagaimana cara mendaftarkan Calon Peserta Didik secara online.

Langkah pertama pastikan perangkat baik komputer/laptop/hp terkoneksi dengan jaringan internet, kemudian buka halaman website PPDB Online SMP Kab. Purbalingga pada link berikut ini : http://purbalingga.siap-ppdb.com/ - website ini akan bisa diakses pada saat pelaksanaan PPDB berlangsung yaitu tanggal 27 Juni - 2 Juli 2022.

Setelah berhasil membuka halaman website http://purbalingga.siap-ppdb.com/ maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Selanjutnya Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik silahkan memilih salah satu jalur pendaftaran yang tersedia, antara lain jalur pendaftaran Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua dan Prestasi.


Pastikan mendaftar sesuai jalur pendaftaran yang dipilih, jika ingin merubah jalur pendaftaran klik menu sebelah kiri pada kolom “DAFTAR JALUR


Pada tampilan website PPDB tersebut diatas juga terdapat menu Aturan, Jadwal, Lokasi, Alur, Pagu, Daftar, Seleksi dan Statistik, silahkan Bpk/Ibu/Calon siswa untuk membaca dan memahami terlebih dahulu informasi yang ada pada website PPDB tersebut diatas sebelum melajutkan ke tahap/langkah selanjutnya.

Jika sudah selanjutnya klik menu “Daftar” maka akan muncul tampilan dibawah ini :


Silahkan lengkapi data yang diperlukan sesuai dengan data calon peserta didik, sampai dengan menuliskan kode keamanan seperti dibawah ini :


Setelah data terisi semua selanjutnya adalah klik tombol “Lanjutkan

Setelah itu Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik diminta untuk melengkapi data Info Peserta, silahkan lengkapi data yang masih belum terisi, kemudian tentukan lokasi titik koordinat rumah calon peserta didik dengan menggunakan peta yang tersedia dengan menuliskan daerah tempat tinggal calon peserta didik kemudian klik tombol “Cari Lokasi”, geser tanda balon warna merah untuk menentukan lokasi rumah peserta didik. 


Kemudian lengkapi juga Data Tambahan dan jika sudah selesai klik tombol “Lanjutkan

Selanjutnya adalah Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik akan menggunggah berkas yang dibutuhkan sesuai dengan jalur pendaftaran. Berkas yang akan diunggah merupakan foto/gambar dengan ketentuan ukuran file maksimal 1MB, gambar dengan kode bintang warna merah (*) maka wajib untuk diupload.


Jika telah selesai maka klik tombol “Lanjutkan” maka Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik akan dihadapkan tampilan untuk memilih sekolah tujuan pendaftaran, klik tombol “+ Pilih/TambahSekolah” 


Jika sudah klik tombol “Lanjutkan” maka Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik diminta untuk mengecek Kembali pendaftaran online calon peserta didik, 


Apabila terdapat data yang salah silahkan klik tombol “sebelumnya” untuk Kembali ke tampilan sebelumnya untuk merevisi data, atau “batal” untuk membatalkan pendaftaran. Namun apabila data sudah benar maka centang pernyataan “setuju dengan pernyataan diatas” dan klik tombol “Lanjutkan

Selanjutnya Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik diminta untuk mencetak bukti ajuan pendaftaran, silahkan klik tombol “Cetak Bukti Ajuan Pendaftaran



Bukti Ajuan Pendaftaran harus dibawa ke sekolah tujuan pendaftaran untuk dilakukan Verifikasi Pendaftaran oleh Operator PPDB SMP/Sekolah yang dituju dengan dilengkapi dengan berkas/dokumen asli sesuai dengan jalur pendaftaran.

Bagi Calon Peserta Didik yang memiliki lebih dari satu piagam penghargaan silahkan ditunjukan ke Panitia/Operator PPDB Sekolah tujuan untuk ditambahkan ke Aplikasi PPDB Online sehingga dapat menambah point/nilai Calon Peserta Didik.

Tahapan diatas cukup memang cukup panjang namun sangat mudah dipahami, jika Bpk/Ibu/Calon Peserta didik ingin mencoba bagaimana cara mendaftar PPDB Online silahkan Bpk/Ibu/Calon Peserta didik dapat membuka halaman website berikut : http://www.purbalingga.demo.siap-ppdb.com/ 

Untuk simulasi pendaftaran online silahkan menggunakan data dibawah ini : 


Demikian semoga dapat menambah pengetahuan Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik semuanya, kami berharap Bpk/Ibu/Calon Pesera Didik dapat mendaftar online mandiri dirumah dan datang kesekolah hanya untuk keperluan verifikasi ajuan pendaftaran, sehingga suasanya pendaftaran PPDB disekolah tidak begitu padat dan banyak antrian yang menjadikan Bpk/Ibu/Calon Peserta Didik lelah menunggu.

Semoga sukses.

0 Komentar
Komentar
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Contact : admin@smpn3purbalingga.sch.id / dii@email.com