Sunday, October 13, 2019

Pemanfaatan Rumah Belajar Kemdikbud


Rumah Belajar Kemdikbud merupakan upaya inovasi di dunia pendidikan dengan menggunakan/pemanfaatan sistem teknologi informasi, oleh karena perkembangan TIK yang demikian pesat sehingga menciptakan berbagai tantangan baru dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar.

Pembelajaran berbasis TIK adalah kegiatan atau proses pembelajaran yang sebagian atau seluruhnya dilaksanakan dengan memanfaatkan atau mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Proses pembelajaran ini dapat dijalankan apabila pendidik mempunyai kompetensi TIK dan dapat memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajaran.

Peserta didik pada abad ke-21 ini diharapkan dapat memiliki keterampilan menentukan sendiri tujuan belajar (self-directed learning), mengkonstruksi pengetahuan (knowledge construction), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), memanfaatkan TIK (using ICT), dan penyelesaian masalah dan inovasi (problem solving dan innovation). Berbagai keterampilan tersebut dapat dibangun melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran.

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id. Fitur utama Rumah Belajar antara lain: 
  1. Sumber Belajar; 
  2. Buku Sekolah Elektronik (BSE); 
  3. Bank Soal; 
  4. Laboratorium Maya; 
  5. Peta Budaya; 
  6. Wahana Jelajah Angkasa; 
  7. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; dan 
  8. Kelas Maya. Selain fitur utama, ada pula beberapa fitur pendukung, yaitu: 
    1. Karya Komunitas; 
    2. Karya Pendidik; dan 
    3. Karya Bahasa dan Sastra.
Konten yang tersedia pada media pembelajaran yang ada di Rumah Belajar tersebut dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat dalam belajar. Masing-masing fitur dalam portal Rumah Belajar memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pola pemanfaatan tiap fitur pun dapat berbeda. 

Untuk lebih jelasnya silahkan ada baca atau download Pedoman Pemanfaat Portal Rumah Belajar dibawah ini :



Silahkan download pada link berikut ini : Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemdikbud

Ketersediaan portal Rumah Belajar ini diharapkan dapat dimanfaatkan peserta didik dan pendidik dimanapun dan kapanpun, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan secara efektif, mendukung Gerakan Literasi Sekolah, serta meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap kekayaan budaya yang kita miliki dan meningkatkan kecintaan para peserta didik terhadap kekayaan budaya bangsa serta ikut berperan aktif melestarikannya sebagai generasi penerus bangsa.

Namun dari semua itu Kemdikbud menyadari masih terdapat kekurangan dan hal-hal yang perlu diperbaiki, baik dari segi konten maupun teknis, pada portal Rumah Belajar. Demikian sedikit informasi berkaitan dengan Portal Rumah Belajar Kemdikbud, semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar
Komentar
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Contact : admin@smpn3purbalingga.sch.id / dii@email.com